KECEMASAN BERLEBIHAN

image

Kecemasan Berlebihan    

Kecemasan merupakan reaksi normal terhadap stres. Adalah hal lumrah, ketika seseorang merasakan cemas dalam hidupnya saat menghadapi sebuah situasi atau pun ketika mengambil sebuah keputusan penting. Namun demikian, Anda perlu waspada terhadap dampak buruk dari gangguan mental berupa kecemasan berlebihan yang melibatkan rasa takut dan kekhawatiran yang berlebihan dan mengganggu. Kecemasan berlebihan merupakan gangguan kecemasan tingkat berat di mana seseorang kerap mengalami kekhawatiran dan ketakutan yang berlebihan secara terus menerus. Seiring berjalannya waktu, gangguan kecemasan ini bisa bertambah parah dan memberi dampak buruk terhadap kehidupan seseorang, seperti terganggunya aktivitas sehari-hari, menurunnya kinerja atau kemampuan belajar, dan bahkan dapat memperburuk hubungan pribadi seseorang.

Gangguan kecemasan terdiri dari beberapa jenis, yakni serangan panik, gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, dan fobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu, misalnya pada ketinggian.

Gejala kecemasan berlebihan yang merupakan bagian dari gangguan kecemasan umum,seperti mudah lelah, selalu merasa gelisah, mudah marah,sulit berkonsentrasi atau mengosongkan pikiran, otot terasa tegang, gangguan tidur,sulit mengendalikan rasa cemas,dll

Penyebab gangguan kecemasan berlebihan hingga kini belum diketahui pasti, namun beberapa penelitian menunjukkan hal ini memiliki kaitan dengan gabungan beberapa faktor, misalnya faktor genetik, lingkungan, psikologis, dan riwayat tumbuh kembang seseorang.  Pendapatan ekonomi yang rendah, serta paparan peristiwa kehidupan yang penuh tekanan di masa kanak-kanan dan dewasa juga dapat berdampak pada gangguan kecemasan berlebihan.

Terapi mengelola stres dengan relaksasi atau meditasi juga dapat membantu mengatasi kecemasan berlebihan pada seseorang. Dukungan keluarga juga sangat penting dalam pemulihan seseorang dari gangguan kecemasan berlebihan.

Untuk mengurangi atau mengendalikan gejala yang ditimbulkan, Kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman berenergi, atau minuman berkarbonasi. Kafein dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.Menjalankan pola makan yang sehat dan benar, berolahraga teratur, seperti jogging, senam aerobik, dan bersepeda, ataupun yoga dan renang dapat membantu melepaskan zat kimia otak untuk mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati Anda. Cobalah tidur tepat waktu ,hindari mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok karena bisa memperparah gangguan kecemasan yang dialami.

Menceritakan kecemasan yang Anda alami kepada orang lain atau pun orang terdekat memang tidak selalu mudah. Namun yang perlu Anda sadari adalah kecemasan berlebihan tidak bisa hilang begitu saja tanpa adanya penanganan . Mengobati kecemasan berlebihan dan kondisi kesehatan mental lainnya lebih mudah dilakukan di awal daripada ketika gejala memburuk. Jadi, segeralah hubungi hypnoterapis jika Anda merasa kecemasan sudah terlampau berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk kerja, sekolah, atau kehidupan sosial Anda.

Penanganan gangguan kecemasan berlebihan dapat dilakukan dengan Hypnoterapi

jika anda kurang memahami bisa mengirimkan pertanyaan tentang segala sesuatu tentang pikiran bawah sadar , dialamatkan ke : jl Gatot Subroto VI/27 Denpasar Bali telp 0361 426782 -0811380675 atau ID line : santysastra , email : santysastra @yahoo.co.id

 


Tue, 7 May 2019 @19:59


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

image

SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING


Jl. Gatot Subroto VI/27 Denpasar-Bali
Telp.0361-426782 / 0811380675
Line : santysastra
PROFILE SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2019 Santy Sastra Production · All Rights Reserved