HIPNOTIS ITU ILMU HITAM, MITOS ATAU FAKTA?

image

Hipnotis itu ilmu Hitam , Mitos  atau Fakta?

Hipnotis merupakan kata yang menjadi momok di Indonesia, banyak orang sering menggartikan hipnotis sebagai ilmu hitam, Banyak orang awam yang ketika mendengar kata hipnotis selalu mengkait-kaitkan dengan kejahatan, manipulasi, pengendalian pikiran, dsb.

Faktanya jika anda mempelajari hipnotis secara benar, anda pasti akan menemukan bahwa hipnotis merupakan fenomena normal / alamiah.

Indonesia sangat lekat dengan berbagai tradisi klasik, ketika keilmuan hipnotis muncul dan ramai di berbagai media dan banyak orang yang tidak memahami struktur hipnotis merasa ada yang janggal dengan fenomena hipnotis. Bayangkan saja jika anda melihat seseorang dihipnotis dan mau melakukan apapun perintah sang hipnotis, mungkin anda berpikir ini menggunakan bantuan “jin” atau yang lainnya. Karena secara alamiah kita pasti berpikir bahwa tidak mungkin orang mudah diperintah seperti itu. Tetapi faktanya hipnotis tidak perlu menggunakan bantuan “Jin”, ternyata yang dibutuhkan adalah kemampuan komunikasi.

Jika kita mau melihat lebih dalam dan mempelajari hipnotis secara benar, kita akan menemukan bahwa hipnotis merupakan kondisi alamiah dimana “criticial area” yang terletak pada pikiran terbuka, sehingga informasi dapat masuk ke pikiran bawah sadar, ketika suatu informasi sudah masuk maka akan dijalankan.

Critical Area merupakan filter antara pikiran sadar dan bawah sadar, yang berfungsi membatasi dan menjaring suatu informasi masuk ke pikiran bawah sadar.

Sejarah hipnosis adalah catatan tentang perkembangan konsep, keyakinan, dan praktik yang berkaitan dengan fenomena Trance, Hipnosis dan Hipnoterapi dari zaman prasejarah sampai zaman modern. Karena hipnosis adalah fenomena alamiah manusia, maka sejarah hipnosis juga berumur setua manusia. Pemanfaatan Fenomena hipnosis untuk pengobatan sudah tercatat sejak ribuan tahun yang lalu, meskipun istilah hipnosis baru pertama kali diperkenalkan oleh James Braid pada tahun 1842.

Asal dan esensi dari kondisi hipnosis, adalah konsentrasi mental,  seperti dalam lamunan atau abstraksi spontan, kekuatan pikiran begitu terpikat oleh gagasan atau pemikiran tunggal. Tidur hipnotis adalah kondisi mental dan fisik yang berlawanan dengan keadaan yang mendahului dan menyertai tidur biasa.

Hipnosis biasanya melibatkan pengenalan prosedur dimana subjek diberi tahu bahwa saran untuk pengalaman imajinatif akan dipresentasikan. Induksi hipnotis adalah saran awal yang diperluas untuk menggunakan imajinasi seseorang, dan mungkin berisi penjelasan lebih lanjut tentang pendahuluan. Prosedur hipnotis digunakan untuk mendorong dan mengevaluasi tanggapan terhadap saran. Saat menggunakan hipnosis, satu orang (subjek) dipandu oleh orang lain (ahli hipnotis) untuk menanggapi saran perubahan pengalaman subjektif, perubahan persepsi, sensasi, emosi, pemikiran atau perilaku. Orang juga bisa belajar self-hypnosis, yaitu tindakan mengelola prosedur menghipnotis seseorang sendiri. Jika subjek menanggapi saran hipnosis, biasanya disimpulkan bahwa hipnosis telah diinduksi. Banyak yang percaya bahwa respon dan pengalaman hipnosis adalah karakteristik dari keadaan menghipnotis. Sementara beberapa orang berpikir bahwa tidak perlu menggunakan kata “hipnosis” sebagai bagian dari induksi hipnosis, yang lain menganggapnya penting.

Dari penelitan yang mereka lalukan dapat kita perhatikan bahwa hipnotis merupakan suatu teknik untuk menghasilkan kondisi hipnosis, teknik ini memanfaatkan konsentrasi yang kemudian diberikan saran-saran (sugesti). Dari sini kita dapat pahami bahwa sebenarnya hipnotis adalah kekuatan sugesti .

Jadi dengan penjelasan diatas apakah masih berpikir bahwa hipnotis adalah ilmu hitam ?

 

jika anda kurang memahami bisa mengirimkan pertanyaan tentang segala sesuatu tentang pikiran bawah sadar , dialamatkan ke : jl Gatot Subroto VI/27 Denpasar Bali telp 0361 426782 -0811380675 atau ID line : santysastra , email : santysastra@yahoo.co.id

 

 

 

 

 

 

Sun, 1 Sep 2019 @04:48


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

image

SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING


Jl. Gatot Subroto VI/27 Denpasar-Bali
Telp.0361-426782 / 0811380675
Line : santysastra
PROFILE SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2019 Santy Sastra Production · All Rights Reserved