Apakah Tidur Hipnotis sama dengan Tidur Normal?

image

Apakah Tidur Hipnotis sama dengan Tidur Normal?

Sering dijumpai dalam pertujukan hipnotis, Subjek tertidur ketika dihipnotis. Dan banyak sekali orang yang beranggapan bahwa tidur hipnotis itu sama seperti tidur normal.

Tidak jarang Client merasa tidak berhasil dihipnotis jika ia tidak mengalami “Tidur”, banyak yang beraggapan bahwa mereka harus mengalami kondisi tidur total seperti tidak mendengar suara, atau bahkan tidak mengingat sama sekali.
Perlu diketahui bahwa tidur dalam hypnosis sangat berbeda dengan tidur normal. Tidur dalam kondisi hypnosis dikenal sebagai “Altered Consciousness” yang berarti suatu kondisi kesadaran yang Perbedaan antara kondisi Tidur hypnosis dengan tidur normal, kita dapat menggunakan alat EEG (electroencephalogram) yang digunakan untuk menditeksi aktifitas dari kerja otak.
Penjelasan mengenai gelombang Otak yang didapat dari EEG adalah sebagai berikut :

Gelombang Beta : Kondisi dimana gelombang otak berada pada frekuensi (14 – 25 Hz) atau dalam keadaan Normal / Sadar

Gelombang Beta dikenal juga sebagai kondisi sadar normal atau mode kerja. Dimana terjadi peningkatan pada kewaspadaan, logika, dan pertimbangan kritis.

Gelombang otak beta akan mendominasi ketika perhatian kita diarahkan pada tugas-tugas kognitif dan aktivitas sehari-hari. Karenanya gelombang beta sangat berperan penting dalam pemecahan masalah, penilaian, pengambilan keputusan, atau aktivitas mental yang terfokus.

Sementara gelombang otak beta penting untuk berfungsi efektif sepanjang hari, gelombang otak beta berkontribusi juga pada stres, kecemasan dan kegelisahan.

Gelombang Alpha : Kondisi dimana gelombang otak berada pada frekuensi (8 – 13 Hz) atau dalam keadaan Rileks dan Meditasi

Gelombang alpha adalah frekuensi antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Gelombang alpha akan dominan selama pikiran kita mengalir dengan tenang, saat relaksasi, melamun, atau dalam kondisi meditatif.

Frekuensi gelombang alpha adalah keadaan istirahat untuk otak. Gelombang alpha berperan dalam koordinasi mental secara keseluruhan, ketenangan, kewaspadaan, pembelajaran, dan integrasi antara pikiran serta tubuh. Itulah kenapa banyak peniliti mengungkapkan bahwa gelombang alpha bisa membantu meningkatkan kreatifitas bahkan sampai mengurangi gejala depresi.

Gelombang Theta : Kondisi dimana gelombang otak berada pada frekuensi (4 – 7 Hz) atau dalam keadaan Hipnosis

Gelombang theta paling sering terjadi dalam tidur, tapi juga bisa dialami dalam kondisi meditasi mendalam. Gelombang theta merupakan pintu gerbang kita untuk belajar, mengingat, dan berhubungan dengan intuisi. Karena pada kondisi theta indra kita ditarik dari dunia luar dan fokus pada sinyal yang berasal dari dalam diri.

Dikondisi theta-lah kita bermimpi, mengalami visualisasi yang jelas, inspirasi luar biasa, kreativitas yang mendalam, dan menerima informasi di luar kesadaran normal kita. Selain itu, kondisi theta adalah tempat program pikiran kita yang paling dalam berada. Dalam kondisi theta kita lebih mudah mengakses pikiran bawah sadar kita. Baik program positif yang kita miliki maupun program negatif seperti trauma, kenangan buruk, sejarah kelam hidup kita semua tersimpan di sana.

Gelombang Delta : Kondisi dimana gelombang otak berada pada frekuensi (0,5 – 3 Hz) atau dalam keadaan Tidur Lelap tanpa Mimpi

Jadi dari penjelasan yang kita dapati dari gelombang otak, Tidur Hypnosis berada di kondisi Alpha atau Theta, sedangkan Tidur normal berada di kondisi Delta.

Pada kondisi Aplha Kita masih bisa mendengar dengan jelas apa yang terjadi di sekitar kita, sedangkan kondisi Delta kita tidak bisa mendengar lagi.

Semoga artikel ini mencerahkan pemahaman tentang Hypnosis ,bahwa dihypnotis bukan tidur tetapi seperti tidur , penurunan gelombang otak yang dilakukan oleh seorang Hypnotist ataupun Hypnoteraphis dengan tehnik-tehnik hypnosis

 

jika anda kurang memahami bisa mengirimkan pertanyaan tentang segala sesuatu tentang pikiran bawah sadar , dialamatkan ke : jl Gatot Subroto VI/27 Denpasar Bali telp 0361 426782 -0811380675 atau ID line : santysastra , email : santysastra @yahoo.co.id

 

Fri, 8 Nov 2019 @21:45


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

image

SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING


Jl. Gatot Subroto VI/27 Denpasar-Bali
Telp.0361-426782 / 0811380675
Line : santysastra
PROFILE SANTY SASTRA PUBLIC SPEAKING

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2019 Santy Sastra Production · All Rights Reserved